Jakarta – Calon wakil presiden (cawapres) Nomor urut 1, Muhaimin Iskandar menyatakan bahwa akan membangun 40 kota-kota baru yang setingkat dengan Jakarta, sebagai langkah pemerataan penduduk.

“Kami memiliki satu tekad bahwa dalam pemerintah yang akan datang minimal harus dibangun 40 kota baru selevel Jakarta,” ucap Cak Imin sapaan akrabnya dalam Debat Cawapres di Jakarta, Jumat malam, 22 Desember 2023.

Cak Imin berharap ke depannya ke-40 kota baru tersebut dapat menampung jumlah penduduk yang memadai, dengan lingkungan yang terjaga dan sehat, serta kehidupan yang memberikan kenyamanan bagi seluruh penduduknya.

Baca juga: Data DPT KPU Diduga Bocor, Cak Imin Sebut Bentuk Keteledoran

“Di mana perumahan tidak terlampau jauh dari pusat-pusat pekerjaan, di mana akses pendidikan bisa sampai pada yang dibutuhkan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Cak Imin, menambahkan bahwa, pembentukan 40 kota baru tersebut menjadi sebuah prioritas bagi pemerataan dan keadilan bagi kemakmuran masyarakat.

“Sementara fiskal yang dibutuhkan kita harus pandai-pandai mengambil prioritas, sekali lagi kita bukan setuju atau tidak setuju IKN yang paling penting adalah prioritas pemerataan dan keadilan agar terbangun kota-kota sehingga sarana air bersihnya terwujud,” ujar Cak Imin.

Menurutnya, masih banyak kota-kota di Indonesia yang berpotensi untuk dikembangkan, selain kota-kota yang berada di Pulau Jawa.

“Balikpapan kasihan, Banjarmasin kasihan, Pontianak kasihan, karena apa? Kota-kota ini dalam waktu singkat bisa kita sulap menjadi lebih baik, karena apa? fiskal yang kita sediakan dirataadilkan di masing-masing perkotaan,” tambahnya.

Meski begitu, untuk mendukung peningkatan pengembangan kota-kota tersebut masih diperlukan adanya pendanaan yang dapat melibatkan investasi swasta nantinya.

Menyikapi pernyataan Cak Imin tersebut, Cawapres dari pasangan nomor urut 3, Mahfud MD mengaku terkejut atas pernyataan Cak Imin yang akan membangun 40 Kota setara dengan Jakarta.

Baca juga: Debat Cawapres: Mahfud MD Sebut Ekonomi Mentok Dibawah 7% Karena Korupsi

“Cak Imin, saya agak kaget juga mau membangun 40 Kota selevel Jakarta, ya apa itu bisa dilaksanakan lima tahun bapak menjadi capres?,” tanya Mahfud.

Tidak hanya itu, Mahfud juga membandingkan dengan realisasi pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) saat ini pun telah membutuhkan perencanaan hingga berpuluh-puluh tahun.

“Ini IKN saja sudah puluhan tahun baru dilaksanakan, itu pun investasi baru sebatas janji, belum ada yang melaksanakan, lalu saudara 40, luar biasa menurut saya,” tegasnya. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top