Jakarta – PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) akan membagikan dividen interim tahun 2023 yang dibayarkan pada 20 Desember 2023 sebesar Rp5,23 triliun atau Rp42,5 per saham.

Direktur Keuangan BCA, Vera Eve Lim menyatakan bahwa BCA akan terus berkomitmen untuk menjaga dan menumbuhkan kinerjanya. Sehingga, perseroan dapat selalu optimal dalam memberikan dividen kepada pemegang saham.

Bank Mandiri Kasih Bocoran Pembagian Dividen Tahun Buku 2023, Berapa Kira-Kira?

“Kredit bertumbuh, maka dividend per share selalu bertumbuh untuk BCA. Makanya untuk managemen kami selalu menjaga kinerja yang baik. Pada saat ekonomi lagi kurang baik contohnya Covid itu memang masa yang sulit buat kita semua, tapi itu juga masa ujian buat semua bankir, sebagus apa membukukan kredit,” ujar Vera dalam Public Expose Live, Rabu 2 November 2023

Vera pun optimis hingga akhir tahun bisa membukukan kinerja kredit yang positif, yang ditargetkan mencapai 10-12 persen yoy. Realisasinya, per September 2023, total kredit BCA naik sebesar 12,3 persen yoy menjadi Rp766,1 triliun.

“Jadi kita bersykur di BCA selama masa covid kualitas kredit kita juga terdampak, tapi masih jauh lebih rendah dibandingkan rata-rata industri dan sudah membaik. Ini berpengaruh terhadap kinerja karena kredit macet pasti dividend share terpengaruh. Itu makanya kita bisa menjaga dividen per share selalu meningkat, kita harpakan payout rasionya meningkat,” jelasnya.

Baca juga: Bukan Batasi Besaran, Ini Tujuan dari Aturan Dividen Payout Perbankan

Di sisi lain, tambah Vera, return on equity (ROE) BCA mengalami peningkatan. Per September 2023 ROE di level 23,5 persen, atau meningkat dibandingkan tahun 2019 sebelum Covid-19 di level 18 persen.

“Artinya setiap Rp1 yang ditanamkan ke BCA itu mendapat return23,5 persen untuk sembilan bulan. Mau cari di mana? Kalau di deposito itu kecil. Tapi ini adalah konsisten, Anda bisa pilah-pilah karena tidak semua taruh di one bucket investasi ya,” ungkapnya. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top