Jakarta – PT Caturkarda Depo Bangunan Tbk. (DEPO) mengumumkan pencapaian positif pada kuartal ketiga tahun 2023, dengan peningkatan yang konsisten dalam berbagai aspek bisnis, Perseroan terus menunjukkan pertumbuhan dan keunggulan yang berkelanjutan.

Presiden Direktur Depo Bangunan, Kambiyanto Kettin menjelaskan, penjualan sampai dengan kuartal III-2023 mencapai angka tertinggi Rp1,99 triliun, menegaskan posisi Perseroan sebagai salah satu pemimpin dalam industri ini. Pertumbuhan total penjualan di seluruh toko mencapai 5,7%, mencerminkan strategi ekspansi yang sukses. 

Dari total penjualan pada kuartal III 2023 Perseroan membukukan laba kotor sebesar Rp363,37 miliar, yang merupakan 18,3% dari total penjualan. Terdapat kenaikan nominal sebesar 7,3% dibandingkan dengan tahun sebelumnya (18,02% dari penjualan pada tahun 2022).

Sedangkan laba bersih mencapai Rp60,85 miliar (3,06% dari penjualan). Meskipun ada penurunan sedikit dalam persentase (3,22% dari penjualan pada tahun 2022), laba bersih masih terjaga dengan kenaikan nominal sebesar 0,6%.

Penjualan online ikut menyumbang sebesar Rp186,78 miliar atau 9,3% dari total penjualan, menandai kenaikan nominal sebesar 14,9% dibanding 2022.

Baca juga: Caturkarda (DEPO) Bagikan Dividen Rp30,55 Miliar

Sementara House brand Perseroan berkontribusi sebesar 98,95 miliar Rupiah (4,95% dari penjualan). Terjadi kenaikan yang signifikan dari tahun sebelumnya, yaitu 3,17% dari penjualan pada tahun 2022, dengan kenaikan nominal sebesar 65%.

Lebih lanjut ungkapnya, Depo Bangunan merupakan perusahaan terkemuka dalam industri retail bahan bangunan telah menetapkan strategi baru yang akan memperkuat posisinya dalam pasar dengan meningkatkan exposure produk House Brand dan ragam kerja sama dengan pemasok.

Dalam upaya untuk terus memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini, Depo Bangunan akan memfokuskan pengembangan produk House Brand pada kategori-kategori yang memberikan kontribusi signifikan, yaitu bahan bangunan dan bahan finishing. Produk-produk yang akan dikembangkan termasuk. Builder’s Hardware berteknologi digital, produk-produk plumbing seperti Pompa dan Wastafel, Furniture, Produk Rumah Tangga, serta Material Bangunan yang inovatif.

Selain itu, Depo Bangunan akan meningkatkan diversifikasi supply serta kerjasama dengan pemasok melalui pembaharuan pada fitur vendor package yang sudah ada, dengan penambahan fitur yang lebih komprehensif. Langkah ini diambil demi memastikan peningkatan pendapatan dari berbagai sumber lainnya.

Depo Bangunan terus berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan pasar untuk memberikan produk dan layanan yang relevan serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Dengan strategi ini, Depo Bangunan memasuki fase baru dalam menjalankan misinya sebagai pemimpin industri retail bahan bangunan, kata.

Hingga saat ini, Perseroan telah mengoperasikan 13 toko yang sukses tersebar di berbagai lokasi strategis di seluruh Indonesia, termasuk Kalimalang, Serpong, Sidoarjo, Malang, Bandung, Bali, Bogor, Bekasi, Lampung, Jember, Pondok Gede, Medan, dan Surabaya. Keberadaan toko-toko ini telah membantu Perseroan untuk hadir lebih dekat dengan pelanggan dan memperluas jangkauan produk berkualitas.

Baca juga: Musim Gugur Industri Startup Berlanjut, Pegipegi Tutup Susul Rumah.com

Namun, itu tidaklah cukup. Perseroan saat ini tengah dalam proses pembangunan 2 toko baru yang diharapkan akan menjadi penambahan berharga bagi portofolio toko Perseroan. Dengan estimasi luas toko mencapai 10.000 meter persegi, toko-toko ini akan menyediakan lebih banyak ruang dan variasi produk bagi pelanggan setia dan yang baru.

“Komitmen Perseroan untuk pertumbuhan dan inovasi terus menjadi prioritas utama kami. Dengan penambahan toko baru dan pengembangan Land Bank, kami berharap dapat memenuhi kebutuhan pelanggan kami yang semakin berkembang, sambil memberikan pengalaman berbelanja yang berkesan dengan value terbaik,” ujarnya Selasa, 12 Desember 2023.

Selain pembangunan toko baru, Perseroan juga memiliki rencana pengembangan yang ambisius untuk memanfaatkan potensi dari 4 lokasi Land Bank yang dimilikinya. Lokasi-lokasi ini akan menantikan pengembangan lebih lanjut untuk memperluas jaringan Perseroan, memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, dan menjadikan Perseroan sebagai pemimpin di sektor ini.

Perseroan yakin bahwa ekspansi ini akan memberikan manfaat positif bagi masyarakat, dengan menciptakan peluang pekerjaan dan memberikan akses lebih luas kepada produk berkualitas. Hal ini juga mencerminkan komitmen Perseroan untuk terus berinvestasi dalam pertumbuhan dan kemajuan ekonomi di Indonesia. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top