Jakarta – MUFG Bank, Ltd Cabang Jakarta memberikan pendaaan senilai Rp375 miliar kepada PT Komatsu Astra Finance (KAF), perusahaan alat berat di Indonesia. Ini sebagai upaya memperkuat komitmen keberlanjutan lewat pendanaan hybrid hydraulic excavator kepada end user.  

Acara penandatanganan perjanjian pendanaan ini dihadiri oleh Tomoyasu Hamada selaku Presiden Direktur KAF, Kouji Yanagi Presiden Direktur PT Komatsu Marketing and Support Indonesia, dan Kazushige Nakajima Executive Officer Country Head Indonesia MUFG.

Baca juga: Home Credit Dapat Suntikan Dana dari MUFG Bank, Segini Nilainya

“Kemitraan keuangan dengan MUFG ini mendukung komitmen kami terhadap praktik bisnis yang berkelanjutan. Dukungan mereka berperan penting dalam memperluas peralatan konstruksi kami yang memiliki efisiensi tinggi dan beremisi CO2 rendah untuk masa depan,” kata Tomoyasu Hamada dalam siaran pers yang diterima Infobanknews, 22 Januari 2024.

Lebih jauh dia menjelaskan, hybrid excavator yang diluncurkan KAF saat ini adalah Komatsu HB365-1. Excavator ini menjadi pelopor dalam mesin berat yang menggunakan komponen hybrid utama dalam kinerja dan efisien dalam penggunaan energi.

“Excavator ini beroperasi dengan konsumsi bahan bakar hingga 17 persen lebih sedikit daripada model non-hibrida, mengurangi jejak emisinya hingga 13kg/jam,” jelasnya.

Baca juga: Waskita Karya Terus Jaga Keberlanjutan Bisnis

Sementara, Kazushige Nakajima menambahkan, kemitraan ini sejalan dengan komitmen MUFG untuk membuat langkah signifikan dalam berkontribusi pada masa depan yang lebih hijau dengan mendukung inovator seperti KAF.

“Tujuan kami adalah untuk mencapai portofolio emisi nol bersih pada tahun 2050 dan mendukung teknologi transformatif tersebut, di mana industri konstruksi saat ini memiliki langkah kuat ke arah itu,” tegasnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top