Dengan menerapkan contoh  literasi keuangan, kamu bisa mengambil kendali atas keuangan kamu. Terlebih lagi, merencanakan masa depan yang lebih stabil secara finansial. Tak sulit kok cara membuat literasi keuangan kita semakin matang. Yuk, mulai menerapkan contoh literasi keuangan ini!

  • Perencanaan keuangan (budgeting)

Cara membuat literasi keuangan kamu matang dengan belajar merencanakan keuangan, alias budgeting. Mulailah dari hal kecil, alokasikan pendapatanmu untuk kebutuhan, keinginan, dan tabungan. Contoh literasi keuangan satu ini juga membantu mencegah pengeluaran jadi berlebihan.

  • Menabung dan berinvestasi (saving and investing)

Cara membuat literasi keuangan kamu semakin matang dengan mengembangkan kebiasaan kamu untuk menabung, serta menyisihkannya buat dana darurat. Dan lebih baik, kalau kamu juga mulai memahami investasi. Namun perlu diingat, tetap berhati-hati pada risiko contoh literasi keuangan yang satu ini.

Dan ada banyak sekali contoh literasi keuangan yang bisa diterapkan buat anak muda, nih. Pastinya nggak bikin kamu ketinggalan zaman, bahkan erat dengan kehidupan sehari-hari. Nah, contoh literasi keuangan bagi pelajar yang dianggap paling cocok dan efektif adalah menabung. 

Bahkan, sepertinya sudah sangat perlu diajarkan literasi keuangan bagi pelajar dalam pembelajaran di sekolah, ya. Atau, ajak mereka melakukan kunjungan langsung ke bank, museum yang berkaitan dengan keuangan, hingga Perum Peruri. Diharapkan literasi keuangan bagi pelajar meningkat.

Pinjam dulu seratus, tapi nggak mau ganti. Duh! Cara membuat literasi keuangan meningkat yang satu ini salah banget. Contoh literasi keuangan yang benar justru kamu memahami konsep hutang, berupa kesadaran untuk tidak meminjam lebih dari yang mampu kamu bayar, ya.

  • Membangun kewirausahaan semuda mungkin

Tak jarang orang tua menyesali karena tidak memulai usaha sewaktu muda. Malah asik menghamburkan uang. Padahal, banyak loh kesempatan kita ‘tuk membangun kewirausahaan semuda mungkin. Contoh literasi keuangan ini mendorong kamu menyiapkan masa depan yang jauh lebih baik.

  • Jangan lupa ikut mengedukasi yang lain

Jangan sampai berhenti di kamu aja, Teman SEPERjuangan. Contoh literasi keuangan juga nggak luput dari peran kita untuk mengedukasi sekitar. Nah, dengan begitu, cara membuat literasi keuangan bagi masyarakat semakin matang, serta tercapai deh.

Contoh literasi keuangan bagi masyarakat yang bisa kamu ikuti, yaitu edukasi atau sosialisasi tentang produk dan jasa keuangan, penyuluhan investasi yang aman atau bahaya pinjaman online ilegal, hingga pelibatan langsung masyarakat ke dalam kegiatan finansial yang relevan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top