Jakarta – Keberhasilan tim nasional (timnas) sepakbola Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia AFC 2023 mendapat sambutan positif berbagai pihak, tak terkecuali Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Sebab, prestasi yang ditorehkan timnas tersebut merupakan sejarah karena untuk pertama kalinya Indonesia akan bertarung di babak 16 besar turnamen sepak bola terakbar di benua Asia tersebut.

Baca juga: Segini Uang Pensiun Jokowi Usai Lengser dari Jabatan Presiden, Nilainya 6 Kali Lipat Gaji Ketua DPR

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada timnas kita yang lolos 16 besar tentu saja selamat juga untuk PSSI. Ini adalah sejarah buat sepak bola Indonesia,” kata Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, dinukil setkab.go.id, Sabtu, 27 Januari 2024.

Pada babak 16 besar nanti, Jokowi berharap timnas Indonesia akan menghadapi Australia yang lolos sebagai peringkat pertama grup B. Eks Wali Kota Solo itu pun menaruh harapan agar timnas Indonesia dapat meraih kemenangan atas Australia.

Orang nomor satu di RI ini pun meyakini bahwa Indonesia akan mampu membangun prestasi sepak bola jika semua pihak serius dan terus bekerja keras.

“Saya percaya kita bisa membangun prestasi sepak bola Indonesia kalau kita betul-betul serius, betul-betul kerja keras,” pungkasnya.

Baca juga: Punya Harta Rp282 M, Menpora Dito Bisa Beli Tiga Klub Sepak Bola di RI

Timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik setelah mencatatkan 3 poin dari tiga pertandingan. 

Tim Merah Putih dipastikan lolos setelah Oman bermain imbang 1-1 melawan Kirgiztan di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Kamis (25/01). (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top