Jakarta – Saat ini, modus penipuan undangan pernikahan digital kembali marak. Hal ini tentunya sangat meresahkan masyarakat. 

Dalam menjalankan aksinya, para oknum modus penipuan undangan pernikahan digital ini menyematkan dokumen APK format file aplikasi untuk ponsel Android dengan nama undangan pernikahan digital. 

Undangan pernikahan tersebut kemudian disebarluaskan melalui WhatsApp. Atau juga melalui pesan teks (SMS).

Modus penipuan undangan pernikahan dugital ini umumnya bertujuan meraih keuntungan finansial dengan metode peretasan.

Ketika korban mulai ‘terjebak’ dengan membuka undangan tersebut, perangkat cerdasnya dapat langsung diakses oleh peretas. Mereka bisa membuka aplikasi perbankan digital korban hingga mobile banking.

Baca juga: Waspadai Modus Baru Pencurian Data Nasabah Lewat Undangan Nikah Digital

Cara Bedakan Undangan Pernikahan Digital Palsu dan Asli

Untuk itu, jika Anda mendapatkan kiriman undangan pernikahan digital, jangan buru-buru langsung klik atau membuka.

Ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk membedakan undangan pernikahan digital asli dan palsu. Melansir berbagai sumber, berikut adalah beberapa cara mengetahui undangan pernikahan digital yang dikirim palsu atau tidak.

Pertama, harus diingat bahwa undangan asli selalu berbentuk tautan atau link, dan bukan aplikasi atau APK.

Hal ini bisa dilihat dari format saat pesan diterima. Format file APK bisa menjadi salah satu indikasi yang mudah dikenali sebagai tanda undangan palsu.

Kedua, file undangan pernikahan digital palsu akan meminta izin instalasi. Hal ini sudah jelas sangat mencurigakan, karena link undangan asli bisa langsung dibuka tanpa ada proses instalasi.

Baca juga: Marak Penipuan! Pahami Aturan Resmi Penagihan Kartu Kredit

Ketiga, oknum penyebar undangan pernikahan digital palsu biasana mengirimkan nomor tidak dikenal, tanpa identitas jelas pengirim dan tujuan pengiriman. Oleh karenanya, cermati pesan yang dikirimkan ini, dan pastikan semua identitasnya jelas dan Anda kenali.

Keempat, jangan ragu untuk lakukan konfirmasi. Apabila semua identitas lengkap tersedia, maka jangan ragu untuk melakukan konfirmasi pada orang yang bersangkutan untuk memastikan undangan pernikahan digital ini asli.

Itulah cara membedakan undangan pernikahan digital asli dan palsu. Pastikan Anda selalu waspada jika mendapatkan undangan pernikahan digital! (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top