Jakarta – Pengelolaan digital marketing dan customer service di perusahaan harus dilakukan dengan lebih profesional. Pasalnya, kebutuhan dan level layanan kini semakin cepat berubah dan semakin tinggi tuntutannya. Untuk itu, standar baru harus terus diciptakan customer service dan pemain yang ada, dimana perusahaan yang tidak mengejarnya akan ditinggalkan.

Perusahaan harus siap dengan terobosan baru dan program yang  kreatif dan inovatif. Untuk mendorong pengelolaan digital marketing dan customer service yang semakin baik, kreatif dan inovatif. Selain itu, customer service di dalam sebuah perusahaan harus mampu mengintegrasikan strategi pemasaran tradisional dan digital menjadi kekuatan baru untuk brand mereka.

Baca juga: Masuki Era Baru, Industri Marketing Harus Terapkan Artificial Intelligence

Group Brand Manager Implora, Natasha Claudia pun berbagi pengalamannya. Menurutnya, strategi pemasaran tradisional dan digital harus menjadi kekuatan baru. Sebagai entitas bisnis di bidang pendidikan, perusahaan menggunakan teknologi untuk mengolah big data yang sudah dimiliki untuk menjadi program yang efektif dan sesuai dengan target pasarnya.

“Tentu hal paling utama yang mau kami berikan ke kostumer adalah pendidikan yang dapat memberikan kehidupan yang lebih baik setelah mereka lulus dari kampus kami, jadi semua digital marketing yang kami lakukan semuanya menuju ke tujuan itu,” ujar Judi dikutip 10 Desember 2023.

Sementara itu, Product Management at Paxel Esther Sariowan mengungkapkan, bahwa Paxel telah membangun bonding story dengan pelanggannya, yang pada akhirnya hal tersebut akan menjadi penguat brand image dan pengikat loyalitas pelanggan. Strategi yang diterapkan ini, telah terbukti di Paxel dan mampu membangun brand Paxel sebagai perusahaan kurir berbasis aplikasi.

Untuk menopang pengelolaan digital marketing dan customer service, Indonesia Digital Marketing Champions (IDMC) 2023 dan Indonesia Customer Service Champions (ICSC) 2023 pun digelar. Program IDMC dan ICSC ini menampilkan best practices studi kasus digital marketing dan customer service dari perusahaan-perusahaan yang terpilih lewat proses penjurian yang ketat.

Baca juga: Peran Penting Customer Service Dalam Mensupport Bisnis Perusahaan

Adapun penghargaan dilakukan secara virtual. Berikut pemenang Indonesia Digital Marketing Champions 2023 yaitu PT Espay Debit Indonesia Koe, PT Nutricia Indonesia Sejahtera, Dompet Dhuafa, PT AXA Insurance Indonesia (AXA Insurance), BINUS International dan BINUS Business School, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), Implora, Make Over from Paragon Corp, Lion Parcel, PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk, PT Mitra Pinasthika Mulia, Urban Republic Erajaya Active Lifestyle, Prudential Indonesia, BAF, PT Sicepat Ekspres Indonesia, PT Prodia Widyahusada Tbk, PT Bank CIMB Niaga Tbk. 

Kemudian untuk Indonesia Customer Service Champions 2023 para pemenangnya adalah Nutricia Sarihusada, PT Global Unggul Mandiri (Paxel), PT Great Eastern Life Indonesia, PT Paragon Technology and Innovation, PT Mandiri Tunas Finance, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, PT Bank Central Asia Tbk, PT Sicepat Ekspres Indonesia, PT Polytama Propindo. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top