Tips Memulai Bisnis Franchise

Apakah benar memulai bisnis harus dengan franchise murah biar nggak rugi? Atau, karena bisnis franchise saat ini banyak dilirik oleh pegiat usaha, kalau dipikir-pikir bakal berkembang nggak sih? Tenang, franchise makanan atau franchise minuman, franchise murah atau franchise mahal bisa dong jika melalui kiat-kiat berikut ini!

1. Pelajari seluk-beluk bisnis franchise

Kayak kata orang dulu, cari tahu bibit, bebet, dan bobotnya. Nah, begitu pula dengan tahapan memulai bisnis franchise. Kita wajib paham usaha yang kita geluti bisa dari berbagai sumber. Salah satunya melihat sudah sejauh mana bisnis franchise tersebut berkembang di tempat lain. 

2. Selektif memilih mitra bisnis franchise

Pertimbangkan minat usaha kita. Tapi, itu aja nggak cukup, beberapa tips pilih bisnis franchise yang tepat adalah dibutuhkan oleh banyak orang, cek latar belakang bisnis franchise tersebut, pahami juga proyeksi keuangan yang diberi, serta bandingkan dengan bisnis franchise lainnya.

3. Rencanakan modal

Bisnis franchise murah pun memerlukan modal. Setelah memilih mitra yang tepat, tahapan selanjutnya merencanakan modal yang harus kita keluarkan untuk franchisor, sewa tempat, membeli bahan baku, dan sebagainya. Dari mana modal tersebut pun berasal menjadi faktor penting.

4. Pilih lokasi yang tepat

Hati-hati dalam memilih pasar alias tempat bisnis franchise kita dibangun. Sebaiknya, lakukan riset terlebih dahulu secara menyeluruh, akankah ide bisnis franchise ini akan bertumbuh di situ, juga pertimbangkan persaingan yang ada, nggak cuma terpaku dengan tren saat ini.

5. Pahami kontrak kerja

Ketika kamu sudah mendapatkan dana alias modal, segera pahami kontrak kerja dengan franchisor. Dengan menandatangani kontrak kerja, berarti kamu udah menyetujui perjanjian di dalamnya. Karena itu, pastikan kamu udah membaca keseluruhan isi kontrak kerja, ya.

6. Ikut pelatihan serta standarisasi

Teman SUPERjuangan, jangan ragu untuk ikuti pelatihan dan standarisasi yang disediakan si franchisor. Pelatihan ini sebenarnya bertujuan agar nama merek dan kualitas produk terjaga. Sebaliknya, kita juga bisa melihat gimana cara franchisor membangun hubungan kerja dengan para franchisee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top