Jakarta – Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyinggung sikap Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang dinilai tidak inkonsisten terhadap proyek IKN Nusantara.

Hal tersebut diucapkan Gibran ketika menanggapi jawaban Cak Imin dalam debat Cawapres saat panelis mengajukan pertanyaan skala prioritas dalam pembangunan di Tanah Air. 

Baca juga: Sepakat! Gibran Lanjutkan Program Hilirisasi Jokowi

“Saya ingat sekali, Gus Muhaimin sempat ikut meresmikan dan potong tumpeng IKN. Ini gimana ini gak konsisten. Dulu dukung dan sekarang tidak mendukung karena menjadi wakilnya Pak Anies yang mengusung tema perubahan,” kata Gibran, dalam Debat Calon Wakil Presiden 2024, Jumat malam, 22 Desember 2023.

Gibran kembali menegaskan, pembangunan proyek IKN tidak hanya sebatas membangun bangunan pemerintah semata. Akan tetapi juga sebagai simbol pemerataan dan transformasi pembangunan di Indonesia.

Pada sesi sebelumnya, Gibran mengatakan bahwa pemerataan pembangunan wajib dilakukan. Di mana, tidak hanya berpusat pada jawa sentris semata melainkan menjadi nusantara sentris.

Baca juga: Debat Cawapres: Mahfud MD Sebut Ekonomi Mentok Dibawah 7% Karena Korupsi

Bahkan, dirinya menyebut bahwa saat ini investasi yang ada di luar jawa sudah mencapai sebanyak 53%. Pembangunan IKN yang berkelanjutan akan membuka titik pertumbuhan ekonomi baru, akses dan konektivitas sekaligus lapangan kerja. 

“Proyek IKN bukan bangunan pemerintahan tapi juga simbol pemerataan dan transformasi Indonesia,” tegasnya.

Pihaknya optimis, indonesia ke depannya akan menjadi raja energi hijau dunia dengan terus mengembangkan bio disel, bio avtur, bio etanol dan kemandirian gula. (*)

Editor: Rezkiana Nisaputra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top