Jakarta – Menteri Keuangan Sri Mulyani menagih janji kepada Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi untuk menyelesaikan proyek BTS (base transceiver station) di berbagai daerah yang belum terkoneksi secara digital.

Sri Mulyani menjelaskan bahwa janji tersebut meliputi pembangunan BTS di 75 ribu desa di Indonesia, 10 ribu puskesmas, 240 ribu Sekolah Dasar (SD) untuk terkoneksi secara digital.

“Kalau di desa atau yang jauh saya bilang sama Pak Budi, BTS di berbagai daerah dulu janjinya 75 ribu desa di Indonesia konek digital, puskesmas 10 ribu harusnya konek digital, 240 ribu SD di seluruh madrasah semuanya akan digitali konek. Jadi aku nagih sama Menteri nya yang sekarang,” ujar Sri Mulyani dalam acara Indonesia Digital Summit 2023, Selasa 28 November 2023.

Baca juga: Adik Prabowo Bongkar Dugaan Korupsi Gila-Gilaan di Kemenhan, Mark Up Hingga 1.250 Persen

Sri Mulyani menambahkan, selama pandemi, anggaran dari seluruh Kementerian/Lembaga dipangkas, kecuali Kominfo yang anggarannya disuntik bagi pembangunan satelit, fiber optic, dan BTS untuk menciptakan infrastruktur digital.

“Infrastruktur ini yang sebetulnya selama pandemi saya di Kemenkeu diminta bicara di topik ini, karena pada saat Covid semua lembaga anggarannya dipotong untuk ngurusin Covid, satu-satunya yang ditambahkan adalah tempatnya pak Budi Arie, yaitu Kominfo untuk pembangunan satelit, fiber optic, BTS dan lain-lain,” jelasnya.

Baca juga: Jokowi Resmi Lantik Nawawi Pomolango jadi Ketua KPK Sementara

Pada kesempatan yang sama, Budi mengatakan bahwa pihaknya berjanji untuk menyelesaikan proyek BTS yang mangkrak di tahun ini. Dia menyebutkan bahwa jumlah BTS tersebut ada sekitar 5 ribu yang akan diumumkan lebih lanjut nantinya.

“Tahun ini yang BTS yang mangkrak mudah-mudahan bisa selesai. Nanti akan saya umumkan. Jumlahnya nanti ada sekitar 5 ribu,” kata Budi. (*)

Editor: Galih Pratama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top